STREAMING TEMAN RADIO

RADIO TEMAN FM

Senin, 07 November 2011

RSUD Ciawi Benahi Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang komprehensif, RSUD Ciawi sebagai institusi pelayanan kesehatan di Kabupaten Bogor dengan klasifikasi tipe B telah mengaplikasikan pola pengelolaan keuangan pada Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD).

RSUD Ciawi  juga menambah bermacam fasilitas pendukung, serta pengelolaan manajemen yang professional, salah satunya dengan membuka layanan Medical Check Up, Layanan Radiologi seperti CT Scan 4 slice, USG 4 Demensi dan Layanan Hemodialisa dan lainnya.

dr.Hj.Camalia Wilayat Sumaryana, MKM, selaku Direktur RSUD Ciawi mengungkapkan, Medical Check Up merupakan layanan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh untuk pasien- pasien sehat yang sifatnya berkesinambungan, mulai dari pemeriksaan Laboratorium, radiologi dan pemeriksaan penunjang lainnya.

“Apalagi kami sudah melengkapi dengan pemeriksaan Laboratorium dan Radiologi, maupun layanan Treatmill untuk memeriksa fungsi jantung pada saat beraktifitas, pemeriksaan Spirometri untuk memeriksa fungsi faal Paru tentu saja dengan konsultan Dokter Spesialis yang handal,” ujarnya.

Semenjak Tahun 2010 menurutnya, Instalasi Radiologi RSUD Ciawi telah dilengkapi dengan layanan USG 4 Dimensi yang sangat penting, terutama untuk memantau perkembangan aktifitas janin. Menurutnya hal ini merupakan terobosan di bidang Ultrasonografi, dimana muncul sesuatu yang tidak terbayangkan sebelumnya.
“Jadi wujud janin yang aktif bergerak secara 3D dari berbagai arah. Dan hal ini dikenal sebagai USG 4D. Dimensi Ke-4 adalah “waktu” yang memperlihatkan aktivitas janin,” ujarnya.

Sementara itu pada layanan Radiologi lainnya yang sudah tersedia sejak tahun 2009 adalah CT Scan. Camalia memaparkan jika CT Scan adalah suatu modalitas pemeriksaan dengan menggunakan sinar X untuk membantu menemukan kelainan atau menegakan diagnostik suatu penyakit.

RSUD Ciawi telah memiliki fasiliatas CT Scan 4 slice yang merupakan perkembangan dari teknologi pencitraan Computed Tomography yang ada di Indonesia. Efek radiasi dapat lebih minimal dengan adanya sensor multidetektor yang sensitif untuk menangkap radiasi sinar X, sehingga dosis yang digunakan dapat ditekan.

“Jadi manfaat untuk pemeriksaan Medical Chek Up, adalah pasien dengan kasus-kasus emergency yang memerlukan penanganan atau tindakan operatif segera, dimana CT Scan sangat berguna untuk melihat keadaan organ tubuh yang akan dilakukan tindakan, seperti CT Scan Kepala pada Stroke Perdarahan, atau pun sesudah kecelakaan lalu lintas,” ujanya.

Tidak itu saja, semenjak tahun 2010, RSUD Ciawi telah mengembangkan pelayanan khususnya bagi pasien-pasien gagal ginjal kronis yang membutuhkan Layanan Cuci Darah dengan meningkatkan fasilitas layanan Hemodialisa.

Dengan tenaga medis yang terlatih hemodialisa, berupaya memberikan pelayanan prima di Kabupaten Bogor ini. Tentunya dengan ditunjang oleh mesin Hemodialisa sebanyak 4 Unit yang merupakan kebutuhan dasar atas layanan tersebut dirasakan semakin meningkat.

"Sehingga kedepannya dibutuhkan penambahan sarana layanan tersebut. Dna pada tahun 2011 ini, kami terus memaksimalkan pelayanan di semua unsur pelayanan media,” ujarnya. (als)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar