STREAMING TEMAN RADIO

RADIO TEMAN FM

Senin, 28 November 2011

Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Gelar Seminar PHBS

Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor hari ini Senin,(28/11/2011) menggelar seminar Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam rangka mewujudkan lingkungan sehat. Seminar dibuka Asisten IV, Benny Deliyuzar di Gedung Serbaguna I Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor.
 
Kampanye PHBS melalui seminar sehari dalam rangka mewujudkan lingkungan yang sehat sehingga drajat kesehatan masyarakat dapat terwujud. Hal ini sejalan dengan visi Dinas Kesehatan yakni mewujudkan masyarakat kabupaten Bogor yang mandiri untuk hidup sehat.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Tri Wahyuni Harini, derajat kesehatan ditentukan oleh empat hal yakni, lingkungan (45%), perilaku (30%), pelayanan kesehatan (20%), dan keturunan (5%). Lingkungan mempunyai peran yang sangat besar, karenanya kampanye ini memiliki sasaran mewujudkan lingkungan yang sehat.

“PHBS adalah sekumpulan perilaku yang diperaktekan atas kesadaran sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan individu atau kelompok dapat menolong dirinya sendiri dalam bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan derajat kesehatan”, jelas Tri.

Tri menambahkan, secara umum tujuan seminar ini adalah tersosialisasikannya program kesehatan kepada seluruh masyarakat. dan secara khusus yakni, meningkatkat pengetahuan tokoh masyarakat dan stake holder tentang perilaku hidup bersih dan sehat, meningkatkan peran serta aktif tokoh masyarakat dan stake holder dalam menyebarluaskan informasi tentang PHBS.

Dalam seminar tersebut hadir sebagai nara sumber, Yon Fery dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dan Yus Ruseno dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. Seminar diikuti sekitar 100 peserta yang terdiri dari SKPD, Camat, Kepala Puskesmas, Koordinator Kesling, Organisasi Profesi, dan Lembaga Swadaya Masyarakat.(als)




Laporan Rido (Diskominfo)


1 komentar: