STREAMING TEMAN RADIO

RADIO TEMAN FM

Selasa, 20 November 2012

PET CARE DAY 2012 MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN HEWAN

BOGOR- Anjing dan kucing adalah hewan yang dianggap menjadi sahabat manusia yang paling setia, walaupun terkadang para pemelihara hewan ini lupa akan kesejahteraan hewan itu sendiri. 

Namun, tidak begitu halnya dengan Fakultas Kedokteran Hewan Pascasarjana IPB yang memiliki acara rutin Pet Care Day dan sudah menginjak tahun kedua pelaksanaan.
Acara yang diadakan di lapangan kampus Pascasarjana IPB Baranangsiang tersebut bertemakan“Improving Animal Health by Educating Community to Animal Welfare”diadakan pada hari Minggu (18/11) mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai dengan pengemasan acara yang menarik. Sesuai dengan tema yang diusung, pihak panitia juga mengadakan perlombaan bagi para hewan peliharaan seperti Dog Show, Cat Show, Hamster Race dan Photography Competition yang lagi lagi bertemakan hewan peliharaan seperti “I Care About My Pet” dan “Animal Welfare”.
Ketua panitia Pet Care Day 2012, Armedi Azni yang akrab disapa Ardi pun mengakui bahwa dari sekian banyak jenis perlombaan, Dog Show dan Cat Show adalah perlombaan yang paling diminati dari tahun ke tahun dengan peserta mulai dari anak-anak, remaja hingga orangtua sekalipun bersemangat mengikuti perlombaan tersebut.
Ardi pun menjelaskan bahwa acara ini diadakan dengan tujuan agar manusia pun mampu memberikan kesejahteraan bagi hewan peliharaannya karena sebetulnya hewan memiliki hak yang sama dengan manusia, yaitu mendapatkan kesejahteraan. Dan hal tersebut terangkum dalam 5 Prinsip Animal Welfare yang meliputi bebas dari rasa haus dan lapar, bebas dari rasa takutdan tekanan, bebas dari rasa sakit luka dan penyakit, bebas mengekspresikan tingkah laku alami, dan bebas dari ketidak nyamanan.
Untuk mencapai tujuannya, sosialisasi pun dilakukan, diantaranya talkshow Penerapan Kesejahteraan Hewan, cara meng-handle ular, cara memandikan dan merawat anjing dan kucing yang benar, dan konsultasi gratis dengan dokter hewan.Acara yang diadakan bersamaan dengan temu kangen alumni Fakultas Kedokteran Hewan juga menghadirkan stand stand yang menjual berbagai macam keperluan hewan peliharaan mulai dari makanan hewan, perawatan tubuh hewan, sampai pernak pernik lucu untuk hewan peliharaan.
Keikutsertaan para usahawan  juga dapat terlihat dari banyaknya stand yang menjual berbagai macam makanan dan minuman untuk pengunjung, salah satunya adalah stand Koperasi Peternak Kelinci (KOPNAKCI) yang membawa hasil produksi sandal yang terbuat dari bulu kelinci yang sudah tidak produktif, adapula berbagai olahan dari kelinci seperti baso kelinci, tahu kelinci, dan ungkep daging kelinci. Stand KOPNAKCI juga semakin lengkap dengan adanya minuman sari kelapa hasil produksi sendiri yang diberi nama Sari Batok-Coco.
Ardi juga menyiapkan satu acara baru untuk dilaksanakan tahun depan yaitu Dog Run. Acara tersebut akan diikuti oleh anjing beserta pemiliknya untuk berjalan jalan mengelilingi seputar kebun raya Bogor, dengan harapan yang sama yaitu meningkatnya kesadaran manusia terhadap kesejahteraan hewan. (Gita)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar