STREAMING TEMAN RADIO

RADIO TEMAN FM

Kamis, 15 November 2012

MTQ Ke-35 Akan Digelar 20 Nopember 2012


CIBINONG – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Bogor yang merupakan agenda tahunan Pemerintah Kabupaten Bogor, kembali akan di gelar.

Untuk kali ini Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor dipercaya sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan MTQ Ke-35 ini. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Bogor H. Tb. Luthfie Syam saat ditemui usai memimpin apel pagi dilingkungan Diskominfo Kabupaen Bogor, Selasa, (13/11/2012).

Menurutnya, MTQ ke-35 ini rencananya akan dibuka secara langsung oleh Bupati Bogor H. Rachmat Yasin  tanggal 20 Nopember 2012 mendatang, pada pukul 20.00 Wib. ditandai dengan penabuhan bedug serta penyerahan piala tetap Bupati Bogor  Kepada Panitia, yang mengambil tempat di Mimbar Utama Lapangan Masjid Amaliyah-Ciawi.

“MTQ ke-35 ini, nantinya akan berlangsung selama 4 hari, dimulai sejak tanggal 20 hingga  23 Nopember 2012 malam, diikuti sedikitnya 1.200 Kafilah, terdiri dari 1000 orang peserta dan 200 orang  Official dari 40 Kecamatan se-Kabupaten Bogor, yang mana seluruh peserta akan bersaing dalam MTQ untuk menjadi yang terbaik dalam Cabang yang diperlombakan”. Papar Luthfie.

Ke-18 cabang yang akan diperlombakan pada MTQ tahun ini, lanjut Lutfhie yaitu Tilawah Dewasa dan Qiro’at Sab’ah, Tilawah Remaja dan Cacat Netra, Tilawah Kanak-Kanak dan Murotal, Tahfidz 1 dan 5 Juz Tilawah, Tahfidz 10 dan 20 Juz, Tahfidz 30 Juz dan Tafsir Semua Bahasa, Menulis Kandungan Al-Qur’an M2KQ, Syahril Qur’an (MSQ), Fahmil Qur’an (MFQ), dan Khattil Qur’an (MKQ).

“Ke semua cabang yang akan diperlombakan tersebut, tersebar di sepuluh lokasi mimbar yang meliputi, Lapangan Masjid Amaliah Jl. Raya Tol Ciawi Nomor 1, Kemudian Masjid Baitul Rahman (YPPI) dan SMP YPPI Jl. KH. R. Moch Toha Desa Bendungan, selanjutnya LPIT Raudhatul Jannah dan UPTK Ciawi serta Aula SMPN 1 Ciawi Jl. Raya Tapos Desa Banjar Wangi, juga Masjid Fatham Mubina  dan GOR Tatham Mubina Jl. Raya Tapos, Aula Dsa Bendungan Jl. Asin Desa Bendungan serta Masjid Al-Huda (PPMKP) Jl. PPMKP Pertanian Desa Bendungan”. Jelas Luthfie.

Ia juga memaparkan bahwa sebelum dibukanya MTQ oleh Bupati Bogor,pihak Panitia akan menggelar berbagai kegiatan yang dapat menghibur warga setempat sebagai rangkaian penyelenggaraan MTQ, salah satunya yaitu pada pukul 13.00 Wib, akan digelar Pawai Ta’aruf yang diikuti oleh seluruh Kafilah dan Tim Pawai Kecamatan se-Kabupaten Bogor.

“Pawai Ta’aruf tersebut, akan mengambil star dari PPMKP Desa Bendungan-Ciawi, dan berakhir atau finish di Mimbar Utama Lapangan Masjid Amaliyah Ciawi,yang dalam pelaksanaanya akan dimeriahkan dengan  penampilan Marcing Band,  diiringi mobil hias piala tetap Bupati Bogor, serta menyerukan berbagai pesan baik lewat spanduk yang terpampang di mobil hias maupun lewat pengeras suara yang dibawa oleh masing-masing Kontingen. Tandas Luthfie.

Selain itu juga,tambah Luthfie dihari yang sama pada pukul 08.30 Wib akan dilangsungkan pula Orientasi Dewan Hakim yang dilanjutkan dengan Pelatikan kepada 85 orang Dewan Hakim pada pukul 13.00 Wib bertempat di Aula Yayasan Pembangunan Islam Ciawi.

Pelaksanaan MTQ kali ini dipastikan akan berlangsung sukses dan meriah, untuk itulah atas nama Pemerintah Kabupaten Bogor,  dirinya  mengharapkan agar masyarakat di Kabupaten Bogor  dapat turut berpartisipasi dan mendukung suksesnya kegiatan MTQ dimaksud, sehingga dapat berjalan baik dan lancar serta sukses dalam mensyi’arkan ajaran agama islam serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. “Marilah kita hadiri dan ikuti setiap kegiatan MTQ ke-35 ini”. pungkasnya menghimbau.

Sementara itu, ditempat terpisah atas nama Panitia Penyelenggara, Kepala Bagian Bimbingan Mental Setda Kabupaten Bogor H. Era Kustomi mengatakan, bahwa dipilihnya Kecamatan Ciawi dalam penyelenggaraan MTQ Ke-35 ini, setelah sebelumnya pihak panitia melakukan beberapa kali rapat. Pasalnya, terdapat beberapa Kecamatan yang masuk nominasi sebagai tuan rumah seperti Kecamatan Caringin, Cijeruk dan Ciampea. Namun panitiamenetapkan Kecamatan Ciawi sebagai tuan rumah dalam menyelenggaraan MTQ ke-35 ini.

Adapun, terkait dengan pemondokan para kafilah, lanjut Era Kustomi, panitia telah menyiapkannya di rumah-rumah penduduk, Pondok Pesantren, maupun Hotel, Villa serta Wisma yang berada tersebar di wilayah Kecamatan Ciawi.

Dengan sejumlah persi­apan yang sudah dilakukan, Era Kustomi  berharap, pelaksanaan MTQ nanti dapat berjalan sukses dan lancar, serta bisa menjadi ajang regenerasi pembangunan Al-Qur’an di Kabuoaten Bogor, karena dari kegiatan tersebut akan muncul tunas-tunas baru penghafal Al-Qur’an dari Kabupaten Bogor. (iwa/mart)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar