STREAMING TEMAN RADIO

RADIO TEMAN FM

Senin, 12 November 2012

Maknai Hari Pahlawan Sampai Ke Hati

 CIBINONG - Anggota Purnawirawan TNI Kabupaten Bogor, Rachamdi meminta Hari Pahlawan jangan dirayakan dengan seremoni saja, tapi maknai sampai ke hati seperti apa perjuangan para pahlawan merebut kemerdekaan. Hal ini dikatakan Rachmadi usai mengikuti Upacara Hari Pahlawan di halaman Tamana Makam Pahlawan (TMP) Pondok Rajeg, Cibinong (10/11).
"Kita harus menghayati tekad para pejuang kita yang telah gugur merebut kemerdekaan, sekarang generasi muda silakan meneruskan perjuangan ini membangun bangsa Indonesia menuju kehidupan yang lebih baik. Kami-kami ini sudah tua dan perlu ada regenerasi, terutama saat ini tantangan masalah moralitas di kalangan anak bangsa menjadi semakin tinggi. Bila kita tidak memiliki tameng kita akan terbawa arus dan menjadi generasi yang sia-sia", papar Rachmadi.
Kemudian Rachmadi menambahkan, saat ini pendidikan moral di kalangan anak muda kurang perhatian. Sehingga timbul hal-hal negatif, seperti tawuran antar pelajar, antar mahasiswa, bahkan sekarang sedang marak antar kampung, seolah-olah rasa saling mencintai antar anak bangsa sudah hilang.
"Maka peranan kita sebagai orang tua, kita wajib terus menerus memupuk rasa nasionalisme dan patriotisme kepada generasi penerus bangsa. Jika ini dilakukan secara sendirinya pemuda bangsa ini akan mengerti betapa berartinya nilai-nilai patriotisme dan saling mencintai sesama anak bangsa. Inilah yang dapat menjawab tantangan degradasi moral di kalangan pemuda", jelasnya.
Sementara itu saat memipin upacara Hari Pahlawan Nasional, Wakil Bupati Bogor Karyawan Faturachman (KF) mengatakan, hanya bangsa yang dapat menghagai pahlawannya lah yang dapat menjadi bangsa yang besar. Pertempuran besar di Surabaya, yang kini diperingati sebagai hari pahlawan nasional, ini merupakan sikap heroik yang luar biasa. Hendaknya dihayati dan diamalkan untuk mengisi kemerdekaan.
"Anak-anak pelajar ktia, hampir setiap hari Senin mengikuti upacara bendera. Namun pada 10 November ini bukan hanya sekedar upacara hari pahlawan namun sebagai simbol titik perlawanan atas penjajahan dan kolonialisme di negeri ini. Kedaulatan hanya bisa kita tampilkan dengan simbol-simbol negara. Kita sering menyanyikan Indonesia raya maka sudah sepatutnya kita menghormati para pahlawan kita yang telah berjuang merebut kemerdekaan. Kita akan tetap bangga menjadi bangsa Indonesia karena kita memiliki pejuang dan semangat patriotisme", papar KF.
Upacara sekaligus jiarah nasional yang dipimpin Wabup KF ini diikuti Ketua DPRD Kabupaten Bogor Iyus Djuher, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Nurhayanti, Dandim 0621/SK Novi Rubadi, Kapolres Bogor Heri Santoso, sejumlah perwakilan TNI dan POLRI di wilayah Kabupaten Bogor, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Purnawirawan TNI dan POLRI, PNS Pelajar SMA, Pramuka, Organisasi Masa. Rangkaian kegiatan pun dilanjutkan dengan penaburan bunga ke makam pahlawan nasional.(Rido/Diskominfo Kabupaten Bogor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar