STREAMING TEMAN RADIO

RADIO TEMAN FM

Kamis, 18 Oktober 2012

Prototipe M-CAP Siap Diuji Coba

 CIBINONG - Demi mewujudkan komitmen pemerintah pusat dalam Program mengkoneksikan seluruh wilayah Indonesia dengan internet pada 2015. Kementrian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Jendral Aplikasi Informatika mengujicobakan prototipe Motor Comunity Access Point (M-CAP) di Kabupaten Bogor. Penyerahan prototipe dilakukan di Aula Masjid Baitul Faizin (16/10) kepada Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Bogor.
M
-CAP atau internet berjalan yang diangkut menggunakan motor berkekuatan 200cc ini bisa diujicobakan mulai sekarang dengan harapan bisa diketahui segala kekurangannya untuk diperbaiki dan diproduksi secara masal. Menurut Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, Ashwin Sasongko, pemerintah berkomitment untuk mengkoneksikan internet di wilayah seluruh Indonesia. Maka kita terus membangun jaringan-jaringan tersebut.
"Kami memiliki program untuk membuat prototipe yang dapat menjangkau seluruh daerah. Kita sudah memiliki pusat layanan internet kecamatan, itu menggunakan mobil. Namun kendalanya ada daerah tertentu yang sulit dimasuki mobil maka kita buat motor yang dapat menjangkau segala medan. Pemkab Bogor menjadi pilot projek untuk prototipe ini tentunya yang pertama untuk mengetahui apa kekurangan dari prototipe ini, untuk kita perbaiki dan produksi dalam jumlah banyak", jelas Ashwin.
Ia menambahkan, ketika masyarakat mendapatkan sesuatu peralatan baru kita harus yakinkan masyarakat cukup dewasa mempergunakan peralatan ini. Olehkarena itu bimbingan teksnis juga kita laksanakan. Tidak hanya penggunaan alat yang kita berikan, tapi juga etika menggunakan internet terutama sosial media seperti facebook, twiiter, dan yang lainnya. Kita juga harus bisa memblokir kontent-kontent seperti, pornografi, kekerasan, sara dan hal-hal lainnya yang tak pantas dikonsumsi.
Kemudian Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor, TB.Luthfie Syam mengatakan, hari ini kita dapat bantuan motor CAP, ini prototipe pertama se-Indonesia. Ini amanh besar dari kementrian maka sudah sepantasnya kita manfatkan untuk masyarakat semaksimal mungkin. 

"Sementara untuk mekanisme pemanfaatannya kita akan bawa prototipe ini ke masyarakat terutama masyarakat pedesaan. Tak hanya itu, kita punya yang namanya Kelompik Informasi Masyarakat (KIM) yang nantinya mereka bisa membuat jadwal kapan mereka akan menggunakan alat ini, olehkarenanya hari ini mereka kita undang di kegiatan bintek ini", terang Luthfie.
Luthfie menambahkan, mudah-mudahan kami bisa menjaga amanah ini, kedepan kami berharap ada pekerjaan yang bisa kita lakuklan bersama terutama pada pelayanan komunikasi dan informatika kepada masyarakat.
MCAP ini menggunakan motor roda tiga berkekuatan 200cc, di dalamnya terdapat empat laptop, modem, genset, printer, sementara jaringan internetnya menggunakan jaringan GSM. Namun bagi daerah yang tidak memiliki jaringan GSM alat ini bisa langsung menggunakan satelit sehingga penggunaannya
Kemudian dalam acara bintek, diisi materi dari nara sumber diantaranya Internet Sehat dan Aman oleh Direktur Pemberdayaan Informatika Mariam F.Barata, Pengenalan Motor CAP oleh Kepala Seksi Perancangan Pemberdayaan Informatika Masyarakat Pedesaan Zaenuddin, dan Pengenalan Pemanfaatan Komputer oleh Michael S.Sunggiardi. Sementara peserta bintek diikuti oleh Kelompok Informasi Masyarakat, Siswa SMK, dan staf Diskominfo Kabupaten Bogor. Bintek ini bertujuan menciptakan Pemuda Sadar Teknologi Informasi Komunikasi (TIK).(Rido/Diskominfo Kabupaten Bogor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar